Wednesday, February 18, 2009

MARSHMALLOW





(recipe modified by Meina)

Bahan :
240ml air dingin, bagi 2
3 sendok makan gelatin bubuk
400g gula pasir
180ml light corn syrup
1/4 sendok teh garam
1 - 1 1/2 sendok makan ekstrak vanilla cair (aku ganti dengan 1 1/2 sdm pasta strawberry)
gula halus (untuk taburan)
mentega putih untuk olesan

Cara membuat :
1. Siapkan 2 buah loyang kue kering ukuran 24x24cm. Balikkan loyang. Potong aluminium foil dengan ukuran yang cukup untuk menutup bagian bawah loyang dan sisi-2 loyang. Bentuk aluminium foil sesuai bentuk bagian bawah loyang, terutama bagian sudut-2nya. Lepaskan aluminium foil, balikkan loyang, lalu tempatkan aluminium foil ke dalam loyang. Rapikan tepi-2 dan bagian sudut-2nya
2. Oles aluminium foil dengan mentega putih tipis-2. Taburi dengan gula halus rata & tebal (menaburkannya lebih enak dengan saringan kecil, seperti dalam gambar). Sisihkan.
3. Masukkan setengah bagian air dingin (120ml) ke dalam bowl besar. Taburkan gelatin bubuk ke dalamnya. Sisihkan.
4. Masukkan gula pasir, corn syrup, garam dan setengah bagian air sisanya ke dalam panci. Panaskan hingga mendidih dan gula pasir larut. (di beberapa resep informasinya suhu larutan gula ini adalah sampai 115° C. Karena gak punya termometer, aku didihkan sampai larutan bergolak merata di seluruh permukaan panci, didihkan terus sampai sekitar 1 menit tanpa diaduk).
5. Angkat panci dari kompor. Tuangkan larutan gula panas-2 ke dalam bowl berisi gelatin, sedikit demi sedikit, sambil dikocok dengan mixer kecepatan tinggi. Kocok sampai adonan menjadi kental dan mengkilap. Adonan dikatakan jadi kalo sudah menjadi adonan yang kental, lengket dan mengkilap. Pada fase ini seringkali adonan "merayap naik" ke batang pengocok. Jadi sediakan spatula plastik tipis. (Periode ini yang menakjubkan bagiku...hehe... Awalnya warna campuran adalah kekuningan kusam. Kemudian perlahan mulai mengental, dengan warna yang masih tetap kusam. Sampai akhirnya jadi kental, lengket dan mengkilap)
6. Matikan mixer, lalu masukkan esktrak vanila (atau pasta strawberry) ke dalam adonan. Kocok lagi sampai rata. Matikan mixer.
7. Tuang adonan ke dalam loyang yang telah dialas aluminium foil. Ratakan dengan ujung jari (ini juga petunjuk di resep aslinya, karena diratakan dengan spatula susah banget).
8. Diamkan selama 2 jam dalam suhu ruang tanpa ditutupi (jadi pastikan meja dalam keadaan bebas semut, debu & lain-2nya). Ayakkan gula halus di atas adonan dalam loyang sampai rata. Diamkan lagi selama 10 jam.
9. Untuk mengeluarkannya, siapkan meja yang dialas plastik dan ditaburi gula halus. Balikkan loyang dengan hati-2, lalu tarik aluminium foil di sisi-2 loyang, sampai aluminium lepas dari loyang. Pelan-2 kupas aluminium foil dari marshmallow. Sering-2 taburi dengan gula halus pada proses ini, karena marshmallow lengket di aluminium foilnya. Setelah semua aluminium foil terkupas dan marshmallow telah rata ditaburi gula halus (termasuk bagian tepi-2nya, balikkan marshmallow.
10. Cetak sesuai selera. (Kalo pakai cookie cutter, sering-2 cookie cutter dilumuri dengan gula halus supaya gak lengket). Udah jadi deh, bisa langsung dihidangkan atau diproses lagi dengan dicelup coklat cair..hmmm...

No comments: