Wednesday, February 18, 2009

Chocolate custard muffin


Source: Blog Mbak Rani (www.susilo.typepad.com)

Bahan:
50 gr maizena
3 sdm coklat bubuk
100 gr gula pasir
225 ml air dingin -- aku ganti pakek uht coklat
75 gr unsalted butter -- aku pakek yg salted
125 gr dark chocolate, potong kecil -- aku pake milk chocolate
75 ml sunflower oil -- aku pake minyak sayur biasa
2 tsp vanilla extract -- aku pakek vanilla powder
2 butir telur
125 gr gula kastor
125 gr tepung terigu
2 1/2 tsp baking powder

Cara membuat:
1. Campur tepung maizena, gula pasir, coklat bubuk dan susu uht ke dalam panci, aduk sampai tercampur rata. Kemudian masak dengan api sedang, sambil terus diaduk sampai mendidih dan adonan menjadi kental.
2. Angkat panci dari kompor, masukkan butter dan potongan coklat, aduk sampai meleleh dan semua tercampur rata.
3. Masukkan minyak, vanilla powder dan satu butir telur, aduk sampai tercampur rata.
4. Masukkan sisa telur dan gula kastor, aduk rata. Kemudian masukkan campuran tepung terigu dan baking powder yg sudah di ayak dalam wadah terpisah, aduk rata. Ayak campuran tepung ke dalam adonan custard. Aduk perlahan sampe tercampur rata.
5. Tuang ke cetakan muffin, panggang di suhu 180C selama kurang lebih 25 menit.

Sedikit tips dari aku:
Waktu bikin custard, aduk dulu campurannya sampe bener2 tercampur rata baru di jerang di atas kompor sambil terus diaduk biar gak gerindil. Pake api kecil ajah kalo takut gosong & jadi nggerindil.

No comments: