Thursday, May 29, 2008

STRAWBERRY ORANGE CAKE



Sumber : www.indosiar.com
Bahan:

Cake:
5 kuning telur
3 putih telur
100 gram gula pasir
1 sdt cake emulsifier
100 gram tepung terigu
50 gram margarine cair

Syrup:
150 gram gula pasir
100 ml air
Rhum, bila suka

Krim Orange:
100 ml sari jeruk manis dingin
50 gram gula pasir
1 sdm gelatine, larutkan dengan 5 sdm air dan tim
250 ml krim kental dingin

Hiasan: strobery segar dan jeruk manis

Cara Membuat:

1. Siapkan cetakan bentuk bundar kecil atau menurut selera, dan plastic mika, lingkari cetakan dengan mika tinggi 6-8 lapisi dengan p1astic mika dan sambung menggunakan dobel tape. Siapkan loyang ukuran 30 x 23 em, olesi dengan margarine, taburi tepung terigu.
2. Cake: Panaskan oven dengan temperature 175 derajat Celcius, kocok kuning telur bersama putih telur, gula pasir dan cake emulsifier hingga lembut, masukkan tepung terigu, aduk rata, tambahkan margarine leleh, aduk rata dan tuangkan kedalam loyang, panggang selama 15 menit hingga matang, angkat.
3. Syrup: rebus gula pasir dan air, setelah mendidih, angkat, dinginkan, tambahkan rhum bila suka.
4. Krim Orange: gelatine larutkan dengan air panas dan tim hingga berwarna terang, kocok krim kental dingin hingga mengembang kaku. Campur krim kental dengan sari jeruk manis dan gelatine, aduk rata.
5. Penyelesaian: potong cake dengan cetakan, taruh dalam mika, perciki dengan syrup, tata irisan stroberi mengelilingi mika, semprotkan krim orange hingga hampir penuh, simpan dalam lemari es sedikitnya 3 jam, keluarkan, hias dengan stroberi dan jeruk manis.
6. Sajikan.

Untuk: 6 potong

No comments: