Wednesday, August 5, 2009

AVOCADO TIRAMISU

Sponge Cake Coklat Youngy Gunawan

Resep:

Bahan A:
15 btr merah telur (ukuran M)
7 btr putih telur
200 gr gula kastor (manisnya udah pass)
100 gr terigu (aku pake kunci biru)
25 gr maizena
15 gr susu bubuk (aku ga punya, aku pake terigu aja)
15 gr emulsifier (aku ga pake)
25 gr coklat bubuk

Bahan B:
150 gr mentega, lelehkan
3 sdm coklat pasta BF (aku pake coklat pasta biasa)

Loyang :
3 ly bulat 25×4cm atau
2 ly 30×30x2cm, atau
3 ly 22×22x4cm
(aku pake 3 loyang diameter 22, sisa dikit)

Cara membuat:
- campur terigu, maizena, susu bubuk dan coklat bubuk, aduk rata sisihkan.
- Kocok bahan A, kecuali tepung-tepungan, hingga kental, matikan mixer.
- Ayakan campuran tepung diatas adonan telor, secara bertahap sambil diaduk hingga rata.
- Tuang mentega leleh dan coklat pasta, aduk perlahan hingga tercampur rata
- Tuang kedalam loyang, oven hingga matang lk. 15 menit tergantung panas oven. (di aku 25 menit pake suhu 150derajat C)

Avocado Mascarpone :
150gram mascarpone
75gram gula halus
3 kuning telur
250gram whipped cream kocok (aku pake Whc bubuk 100 gr)
200gram alpukat diblender kasar (aku : dicincang halus)
2sdm gelatin yang ditim dengan 1sdm air (aku : airnya 3sdm)
vanilli

Cara membuat:
Kocok keju mascarphone, sisihkan.
Kocok whipped krim kental dan kaku. Sisihkan dalam kulkas agar tidak meleleh.
Kocok kuning telur, gula kastor, dan vanilli hingga kental, lalu lanjutkan mengocok di atas air mendidih (kocok tim) hingga telur hangat. Angkat, teruskan mengocok hingga telur kembali dingin. Matikan mikser.
Keluarkan whipped cream dari dalam kulkas. Masukkan keju mascarphone yg sudah dikocok, aduk rata (atau kocok dengan mixer speed 1), tuangkan pula kocokan kuning telur, aduk hingga rata bena, terakhir masukkan akpukat yang sudah dihaluskan.

No comments: