Wednesday, February 18, 2009

Chocolate Strawberry Torte



Dicomot dari Majalah Santap edisi 01/Mei-Juni 03

Cake:
115 g tepung terigu
75 g oats (quick cooking) - saya pakai yg instan n diblender halus
50 g coklat bubuk
300 g gula pasir halus
1 sdt soda kue
1/4 sdt garam
275 ml kopi, dinginkan - saya pakai kopi instan
1 sdm vinegar/ air jeruk lemon - saya pakai vinegar
1/2 sdt vanili
250 ml putih telur (dari 7 btr telur)

Frosting/pelapis:
100 g krim bubuk - saya pakai Haan
100 ml susu non fat yg dingin - saya pakai Green Field
150 ml yoghurt non fat strawberry - saya pakai Elle Vire
150 ml selai strawberry - saya pakai selai mixed berry Hero

Hiasan: strawberry segar.

Peralatan khusus: 2 loyang bundar garis tengah 20cm, tanpa olesan minyak - saya pake yg tinggi 5cm, dialas kertas roti.

• Panaskan oven pada 170 drjt celcius

• Cake: campur tepung, 150g gula pasir, oats, coklat bubuk, soda kue dan garam dlm mangkuk yg besar. Aduk rata, sisihkan. Taruh kopi, vinegar dan vanili dalam mangkuk ukuran sedang, aduk, sisihkan.

• Kocok pth telur dlm mangkuk besar dgn kecepatan tinggi smp terbentuk puncak2 tumpul jika pengocok diangkat. Masukkan sisa 150g gula pasir secara bertahap ke dlm pth telur. Kocok smp terbentuk puncak runcing dan kaku jika pengocok diangkat. Sisihkan.

• Tuangkan adonan kopi ke dlm tepung, aduk dgn whisk smp adonan rata. Masukkan 1/3 bagian putih telur, aduk dgn whisk atau spatula. Masukkan sisa pth telur dgn cara yg sama.

• Tuang adonan ke dlm 2 buah loyang yg tlh disiapkan. Panggang slm 25 smp 30 mnt smp matang. Keluarkan dari oven dan biarkan dingin dlm loyang. Stlh dingin, lepaskan sisinya dgn pisau lalu balik loyang diatas nampan. Bagi msg2 kue jadi 2. Lapisi dgn selai strawberry, lalu tumpuk menjadi kue berlapis 4.

• Frosting/pelapis: kocok krim bubuk dgn susu dingin smp mengental dan mengembang. Masukkan yoghurt ke dln adonan whipped cream, aduk dgn spatula.
• Lapisi permukaan dan sisi kue dgn frosting. Hias dgn stawberi.

No comments: