Wednesday, April 2, 2008

DEVIL’S FOOD CAKE

Bahan :
90 gr coklat bubuk
100 ml air panas
225 gr mentega tawar/margarin
200 gr gula halus
4 butir telur
2 sdt vanilli bubuk
300 gr tepung terigu
2 sdt soda kue
1 sdt garam
200 ml susu cair

Glaze ganache (untuk bagian luar cake) :
180 gr dark cooking chocolate, cincang
6 sdm susu cair
75 gr mentega tawar/margarin
2 sdm liqueur (rhum), boleh ditiadakan

Krim ganache (untuk olesan dalam cake) :
250 ml krim kental (thick cream/whipping cream)
120 gr dark cooking chocolate, cincang

Cara membuat:
1. Larutkan coklat bubuk dengan air panas, aduk rata, sisihkan. Campur tepung terigu, soda kue dan garam, ayak, sisihkan.
2. Kocok mentega hingga lembut, lalu masukkan gula dan vanilla bubuk secara bertahap sambil dikocok hingga adonan pucat dan ringan. Masukkan telur satu persatu, kocok sampai rata setiap kali telur dimasukkan.
3. Masukkan campuran tepung, coklat bubuk yang dicairkan dan susu cair secara bergantian, aduk balik dengan spatula hingga adonan tercampur rata. Tuang ke dalam 2 buah loyang bundar berdiameter 22 cm yang sudah dioleskan mentega dan beralaskan kertas roti.
4. Panggang dalam oven bersuhu 175 °C selama 30 menit hingga matang, angkat dan biarkan dingin. Keluarkan cake dari dalam loyang.
5. Glaze ganache : lelehkan coklat bersama susu hingga coklat meleleh. Angkat. Tambahkan mentega, aduk hingga mentega meleleh. Lalu masukkan liqueur, aduk hingga lembut. Diamkan glaze hingga mengental dan mudah dioleskan.
6. Krim ganache : panaskan krim sambil diaduk hingga beruap. Angkat, tuang ke dalam coklat cincang, aduk rata perlahan hingga coklat larut. Tutup dan dinginkan di lemari es hingga mengental dan bisa dioleskan (± 60 menit). Keluarkan, kocok dengan mixer berkecepatan sedang hingga rata kentalnya dan lembut. Gunakan segera.
7. Penyelesaian : olesi salah satu permukaan cake dengan krim ganache, tutup (tumpuk) dengan cake satunya lagi. Dengan bantuan pisau palet, oleskan sisa krim ganache untuk menutupi seluruh permukaan cake. Dinginkan untuk mengeraskan permukaan ganache. Taruh cake di atas kawat yang dibawahnya diberi loyang atau nampan. Siram permukaan cake dengan glaze ganache hingga tertutup rata. Dinginkan lagi. Sebelum disajikan keluarkan cake dan diamkan dalam suhu ruangan selama 30 menit

No comments: