Wednesday, April 2, 2008

AUP BUNTU ala BOROBUDUR

Bahan :
750 gr buntut sapi, potong sesuai ruasnya
1 sdt garam
2.000 ml air
2 cm jahe, memarkan
1 sdm minyak goreng, untuk menumis
250 gr kentang, kupas, belah-belah
200 gr wortel, kupas, potong 2 cm
1 buah tomat, belah jadi 4-8 bagian
3 batang daun bawang, iris 2 cm
2 batang seledri, iris 2 cm
1 sdt bawang goreng
Minyak untuk menggoreng

Olesan :
½ sdm kecap manis
1 sdt garam
½ sdt merica bubuk
¼ sdt pala bubuk

Bumbu halus :
½ sdt garam
6 butir bawang merah
2 siung bawang putih

Cara :

Rebus buntut dalam air hingga terendam. Setelah mendidih dan daging buntut kaku, kecilkan apinya, masukkan jahe, dan garam lalu tutup panci. Masak terus sampai buntut lunak, dan kaldu berminyak, angkat (gue pake presto, skitar 25 menit../Anne).

Keluarkan buntut dari kaldunya, sisihkan. Saring kaldu, ukur sebanyak ± 1.500 ml, bila kurang, tambahkan air panas secukupnya. Campur bahan olesan menjadi satu kemudian olesi buntut dengan bahan olesan, taruh dalam wadah, sisihkan.

Panaskan 1 sdm minyak goreng dalam wajan, tumis bumbu halus sampai harum, masukkan ke dalam panci berisi kaldu. Jerangkan diatas api, didihkan, masukkan kentang dan wortel. Masak terus hingga bahan matang, masukkan tomat, daun bawang, dan seledri.

Panaskan minyak goreng dalam wajan, masukkan buntut ke dalam minyak panas, goreng sampai agak kering dan kecoklatan, angkat, tiriskan.

Penyajian : taruh buntut goreng dalam piring saji. Dalam mangkuk terpisah, tuang sup, taburi bawang goreng. Hidangkan selagi buntut dan kaldu masih panas.

No comments: