Tuesday, December 30, 2008

Apple Bread



by Philips

Bahan A :
40 gr oats quick cooking
80 gr kismis (aku pake sultana), rendam air panas 20 menit, saring, ambil air rendamannya
80 gr kacang mede/almond, sangrai, cincang kasar (aku pake kenari ama mede 1:1)

Bahan B :
120 gr apel malang/granny smith kupas,
40 mL air rendaman kismis
60 mL minyak goreng
50 gr mentega tawar (aku pake margarin)
1 bt telur
70 gr gula palm
50 gr gula pasir (kemanisan, next time kurangin 25 gr)

Bahan C:
150 gr tepung terigu protein sedang
4 sdm susu bubuk (ga pake, ganti oatmeal 4 sdm jg)
1 sdt soda kue
1 sdt cinnamon bubuk
1/2 sdt garam

Cara Membuat :
1. Olesi loyang loaf 20x10x7 cm dengan mentega/margarin. Panaskan oven dengan suhu 180 derajat.
2. Masukkan bahan B kedalam blender (versiku semua bahan B aku campur, apelnya aku cincang dulu pake chopper), proses hingga halus, tidak apa kalo apelnya ada yang masih kasar.
3. Masukkan bahan C dan bahan A, aduk pake sendok kayu, bentar aja asal nyampur (ga perlu sampe nyampur banget, beberapa kali adukan aja supaya ga keras kuenya)
4. Tuang adonan ke loyang (aku pake cup kecil2 jadi 13 cup), taburi permukaannya dengan kismis ato mede (aku pake almond slice).
5. Panggang dengan api sedang hingga matang kurang lebih 45-60 menit (dengan cup panggang dengan api agak besar selama 25 menitan).
6. Angkat, diamkan kue selama 10 menit dalam cetakan, baru keluarkan dari cetakan dan dinginkan.

No comments: